7 Manfaat Toner untuk Kulit Wajah dan Cara Memilihnya

Posted: 07 Jan 2022


7 Manfaat Toner untuk Kulit Wajah dan Cara Memilihnya

Masih banyak orang yang menganggap manfaat toner hanya untuk membersihkan wajah. Faktanya, toner juga dapat mencegah kemunculan jerawat, melembapkan kulit wajah yang kering hingga mengatasi kulit wajah berminyak.

Masih banyak orang yang menganggap manfaat toner hanya untuk membersihkan wajah. Faktanya, toner juga dapat mencegah kemunculan jerawat, melembapkan kulit wajah yang kering hingga mengatasi kulit wajah berminyak.

Akan tetapi, manfaat toner ini dapat Anda peroleh jika Anda mengetahui cara memilihnya yang benar. Sehingga, berbagai masalah kulit dapat teratasi dengan baik.

Jadi, Anda sebaiknya tidak melewatkan perawatan kulit wajah dengan toner. Penggunaan toner akan membuat perawatan kulit wajah yang selama ini Anda lakukan menjadi makin optimal. Anda pun makin percaya diri saat berada di hadapan orang lain.

Manfaat Toner untuk Kulit Wajah

Jika Anda masih ragu dengan toner wajah, di bawah ini kami akan membagikan manfaat menggunakannya. Berikut tujuh manfaat penggunaan toner wajah yang bakal Anda dapatkan:

1. Mencegah Kulit Berjerawat

Seperti yang kami sebutkan di atas, salah satu manfaat toner adalah mencegah kemunculan jerawat. Tidak saja mencegah, toner juga dapat mengatasi jerawat terlebih jika pemakaiannya disertai dengan produk perawatan jerawat lainnya.

Hal ini dikaenakan toner memiliki kandungan benzoil peroksida atau yang biasa dikenal asam salisilat. Kandungan itu juga terbukti mampu mengusir komedo pada wajah.

Lebih lanjut, manfaat toner juga dapat memudarkan noda hitam bekas jerawat. Siapa nih yang merasa terganggu dengan bekas jerawat di wajah yang membikin tidak percaya diri? Pemakaian toner besutan Azarine adalah solusinya.

Untuk diketahui, toner wajah biasanya hanya dapat menghilangkan bekas jerawat ringan. Adapun menghilangkan bekas jerawat yang berat harus dilakukan dengan penanganan langsung dari dokter kulit.

2. Mengatasi Kulit Berminyak

Selain manfaat toner untuk kulit berjerawat, produk skincare ini juga dapat mengatasi kulit berminyak. Gunakan toner untuk kulit berminyak yang mengandung astringent di dalamnya.

Selain itu, jenis toner ini juga bisa mengurangi wajah mengkilap. Jadi, dengan menggunakan produk perawatan kulit ini, riasan wajah bisa lebih tahan lama daripada tidak menggunakannya.

3. Mengatasi Kulit Kering

Anda punya masalah kulit kering? Toner juga bisa lho digunakan untuk mengatasi masalah itu. ya, toner untuk kulit kering dapat menjaga kesehatan semua bagian kulit wajah, termasuk yang bersifat kering.

Lebih lanjut, toner wajah yang memiliki kandungan mineral oil, hyaluronic acid atau asam amino dapat melembapkan kulit. Ana bisa menggunakan toner setelah mencuci muka untuk mendapatkan manfaat satu ini.

4. Menyeimbangkan pH Kulit

pH atau tingkat keasaman kulit perlu dijaga secara konsisten agar selalu dalam keadaan sehat. pH kulit sendiri memiliki skala 0 hingga 14. Sedangkan pH yang mengindikasikan kulit dalam keadaan sehat adalah 4,7 hinga 5,75.

Apabila kulit wajah Anda memiliki pH yang menyehatkan, berbagai permasalahan tidak akan terjadi, seperti masalah kulit berminyak dan berjerawat.

Anda tentunya pengin memiliki kulit halus dan berseri-seri seperti Prilly Latuconsina dan Natasha Wilona? Pakai toner Azarine untuk mendapatkan pH kulit yang menyehatkan.

5. Menghilangkan Racun dari Kulit

Ketahuilah, toner wajah juga bisa berperan mendepak racun dan zat-zat lainnya dari kulit. Ya, tidak jarang zat-zat kimia dari industri dan lingkungan memengaruhi kesehatan dan penampilan kulit wajah. Nah, semua ‘kotoran’ itu bisa dihilangkan dengan toner wajah.

Ini-lah alasan toner baik untuk kulit berjerawat. Tidak saja itu, toner juga baik untuk mengatasi kulit berminyak dan kering.

6. Mengencangkan Pori-pori Wajah

Manfaat toner berikutnya yakni mengencangkan pori-pori wajah. Untuk diketahui, pori-pori wajah yang besar dapat menyebabkan terganggunya kesehatan kulit, termasuk mudah mengalami iritasi maupun infeksi. Hal ini dikarenakan minyak, kotoran dan zat-zat kimia dapat dengan masuk ke dalam kulit.

Nah, cara mengatasi pori-pori wajah yang besar ialah rutin menggunakan toner wajah. Wajah Anda dipastikan akan makin cerah dan segar layaknya Prilly Latuconsina dan Natasha Wilona jika konsisten menggunakan toner wajah.

7. Mengoptimalkan Manfaat Produk Perawatan Kulit Lainnya

Toner memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan wajah. Beberapa di antaranya ialah ekstrak ginseng yang berfungsi untuk merangsang sirkulasi darah, natrium PCA serta hyaluronic acid yang berfungsi mengontrol kelembapan kulit dan ekstrak eucalyptus yang berfungsi menenangkan kulit.

Pada intinya, manfaat toner adalah menjadikan kulit makin sehat. Nah, apabila kulit Anda sejat, bahan aktif dari produk perawatan kulit lainnya akan terserap dengan baik. Pada ujungnya, manfaat dari produk perawatan kulit lainnya itu bisa Anda rasakan juga, selain toner.

Cara Memilih Toner yang Sesuai Dengan Kulit Wajah

Setelah mengetahui manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui cara memilih toner yang sesuai dengan kulit wajah Anda. Ketahuilah, tidak semua kulit wajah orang ‘bersahabat’ dengan satu jenis toner yang sama.

Berikut kami bagikan cara memilih toner yang bagus dan sesuai dengan kulit wajah Anda. Simak dengan saksama ya!

1. Toner untuk Kulit Kering

Gunakan toner untuk kulit kering jika Anda memiliki kulit wajah yang memang bersifat kering, terlebih sensitif. Toner untuk kulit kering ini diformulakan tanpa kandungan alkohol.

Adapun kandungan yang ada di dalamnya di antaranya hyaluronic acid, glikol, gliserin dan lainnya. Kandungan-kandungan di dalam toner untuk kulit kering itu terbukti mampu menghidrasi kulit wajah yang kering.

2. Toner untuk Kulit Berminyak

Toner untuk kulit berminyak sebaiknya mengandung astringent. Jenis toner untuk kulit berminyak ini mengandung alkohol. Oleh karenanya, Anda harus memerhatikan kadar alkohol di dalamnya.

Mengingat, dalam beberapa kasus, toner wajah satu ini bisa mengakibatkan kulit terasa gatal bahkan perih. Namun, tidak sedikit orang yang tidak mengalami gejala seperti itu ketika/setelah menggunakan toner untuk kulit berminyak ini.

3. Toner untuk Kulit Berjerawat

Toner untuk kulit berjerawat alangkah baiknya memiliki kandungan witch hazel dan asam salisilat. Selain memiliki kandungan kedua zat itu, toner untuk kulit berjerawat juga sebaiknya mengandung bahan aktif AHA atau Alpha Hydroxy Acid.

Kandungan-kandungan tersebut terbukti dapat membantu kulit wajah menutup pori-pori yang terbuka lebar. Selain itu, juga dapat mencerahkan wajah dan membersihkannya dari berbagai jenis kotoran.

Untuk diketahui, apabila Anda merasakan sensasi geli saat menggunakan toner untuk kulit berjerawat ini, maka dapat dipastikan pH yang terkandung di dalamnya menyehatkan kulit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila merasakan sensasi itu.

4. Toner untuk Kulit Normal

Apabila Anda memiliki kulit wajah yang normal, maka toner yang baik adalah yang mengandung empat hal ini: asam hialuronat, gliserin, koenzim Q10 dan vitamin C. Tentu saja, Anda harus menggunakan toner wajah sesuai petunjuk yang ada atau rekomendasi dari dokter kulit.

Itulah tujuh manfaat toner untuk kulit wajah dan cara memilihnya. Sebagaimana kami jelaskan di atas, toner yang bagus adalah sesuai dengan jenis kulit Anda. Oleh karenanya, kenali jenis kulit Anda sendiri sebelum membelinya.

Perlu diingat! Sebelum menggunakannya, harap baca dan ketahui cara penggunaan toner wajah sebagaimana yang ditunjukkan dalam penjelasan yang ada.



ARTICLES

Beauty Journals