Mengenal Serum: Manfaat, Jenis, Kandungan dan Cara Pemakaiannya

Posted: 23 Jun 2021


Serum merupakan salah satu jenis produk skincare yang wajib digunakan rutin, lalu apa saja manfaat, jenis, dan cara penggunaan serum skincare ?

Layaknya tubuh, wajah juga membutuhkan asupan nutrisi melalui rangkaian perawatan kulit. Hal ini tidak lain agar kulit wajah tetap berseri-seri, sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan yang dapat menciutkan kepercayaan diri.

Pertanyaannya, apa manfaat mengaplikasikan serum sehingga harus ada dalam rangkaian perawatan kulit wajah? Apa saja jenis dan kandungan yang ada di dalamnya? Dan, bagaimana cara pemakaiannya? Melalui artikel ini, kami akan membahas tuntas tentang serum skincare. Anda bisa menemukan jawaban dari ketiga pertanyaan di atas secara detail. Simak!

Mengenal Serum Lebih Dekat

Serum adalah produk perawatan kulit berbentuk cairan bertekstur ringan. Dengan kata lain, serum pada umumnya tidak mengandung minyak (alias hanya air) sehingga mampu diserap secara optimal oleh kulit.

Saat ini, ada beragam jenis serum yang dijual di pasaran dengan berbagai khasiat atau manfaat yang berbeda-beda. Nah, jenis-jenis serum ini disesuaikan dengan permasalahan kulit wajah yang ada sehingga satu sama lain memiliki kandungan yang berbeda.

Serum skincare hadir dalam beberapa bentuk. Mulai dari bentuk gel, krim dan juga dibikin dengan konsistensi yang sangat mirip dengan air.

Manfaat Serum

Sedikitnya ada empat manfaat serum bagi kesehatan kulit yang perlu Anda ketahui. Berikut di antaranya:

1. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat utama serum ialah melembabkan kulit wajah. Jadi, untuk melembabkan wajah sebaiknya tidak hanya menggunakan pelembab atau moisturizer, melainkan juga serum. Apalagi, jika Anda saat ini memiliki permasalahan kulit kering. Penggunaan serum secara rutin dapat dengan optimal melembabkan kulit kering.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Kulit kusam sering menjadi masalah yang sering kali dikeluhkan kaum wanita. Nah, agar wajah tetap cerah, serum bisa membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Pastikan untuk memilih serum wajah yang mengandung vitamin C, glycolic acid, niacinamide dan AHA. Kandungan-kandungan itu membuat kulit wajah menjadi cerah dan berseri-seri. Dalam hal ini, Azarine C-White Lightening Serum bisa Anda andalkan.

3. Mengurangi Flek Hitam

Bintik hitam atau flek hitam pada wajah bisa sering kali membuat orang kurang percaya diri. Ketahuilah, selain menjaga pola makan dan hidup sehat, Anda perlu menggunakan serum skincare untuk mengurangi flek hitam yang mengganggu penampilan.

Pilih serum dengan kandungan vitamin E, vitamin C, teh hijau dan asam ferulic untuk mendapatkan hasil maksimal dalam mengurangi flek hitam. Ya, bahan-bahan tersebut dapat mengurangi bintik hitam akibat sinar ultraviolet pada kulit wajah.

4. Mengurangi Kerutan dan Tanda Penuaan Dini

Serum juga ampuh mengurangi kerutan dan tanda penuaan dini pada wajah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang membuktikan orang yang secara rutin mengaplikasikan serum dengan kandungan vitamin C, vitamin C dan ekstrak daun raspberry mendapatkan peningkatan yang signifikan pada kecerahan dan kelembutan kulit, elastisitas dan berkurangnya kerutan.

Selain kandungan di atas, retinol, serum yang mengandung bahan aktif glycolic acid dan asam ferulat juga bisa Anda pilih untuk mengatasi kemunculan tanda penuaan dini. Adalah Azarine Revitalizing Anti Aging Serum adalah produk serum terbaik yang bisa Anda andalkan untuk mengusir tanda penuaan dini.

Jenis dan Kandungan Serum

Setelah mengetahui manfaat serum skincare, Anda juga perlu mengetahui jenis dan kandungannya. Ya, serum memang terdiri atas beberapa jenis yang disesuaikan dengan permasalahan kulit. Berikut di antaranya:

1. Serum Anti Penuaan Dini

Serum anti penuaan dini memiliki sejumlah kandungan di antaranya fruit stem cells, retinol, vitamin C, peptida, growth factors dan Alha Hydroxy Acids (AHA). Jenis serum ini sangat disarankan untuk wanita yang ‘sebal’ dengan kemunculan kerutan dan garis halus pada wajah.

Serum anti penuaan dini disebut juga dengan nama anti-aging serum. Jenis serum ini banyak dijual di pasaran.

2. Serum Pencerah Kulit Wajah

Serum pencerah kulit wajah diformulasikan khusus untuk mengatasi kulit kusam. Dengan menggunakan jenis serum ini, kulit Anda akan tampak lebih cerah berseri-seri dan sehat.

Serum pencerah kulit wajah pada umumnya memiliki kandungan bahan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E. Kandungan bahan alami juga kerap kali masuk dalam daftar bahan pembuatan serum ini, seperti ekstrak akar licorice, lemon dan grape fruit.

3. Serum untuk Kulit Berjerawat

Serum ini sangat cocok bagi Anda pemilik riwayat kulit berjerawat yang cukup mengganggu penampilan. Tidak hanya mengatasi jerawat, serum untuk kulit berjerawat juga biasanya diformulasikan mampu mengatasi inyak berlebih, membersihkan kulit dan menutup pori-pori besar.

Serum ini pada umumnya memiliki kandungan glycolic acid dan salicylic acid. Ada juga tambahan bahan seperti citric acid, zinc dan ekstra bahan alami lainnya.

Cara Memakai Serum dengan Benar

Memakai serum skincare Azarine harus dilakukan secara rutin. Hal ini agar Anda mendapatkan efek positif yang maksimal. Di bawah ini, kami bagikan cara memakai serum dengan benar:

1. Bersihkan Wajah

Serum termasuk produk skincare yang ringan dengan kandungan bahan aktif berkonsentrasi tinggi. Inilah mengapa sebelum mengaplikasikan serum, Anda dituntut untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Dengan kondisi kulit wajah yang bersih tentu akan memaksimalkan penyerapan bahan aktif. Oh ya, bersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang bersahabat untuk kulit Anda ya!

2. Aplikasikan Serum Secukupnya

Tidak perlu berlebihan dalam mengaplikasikan serum. Pasalnya, hal itu bukannya memberikan efek positif, justru malah memberikan efek negatif. Sangat mungkin serum yang berlebihan akan menumpuk pada wajah dan memberikan efek lengket.

Pengaplikasian serum yang benar yakni secukupnya saja. Aplikasikan dengan cara menepuk-nepuk dan memijat kulit dengan pelan. Tentunya, Anda harus meratakan serum pada kulit wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Waktu Penggunaan Serum

Waktu penggunaan serum skincare bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan kandungan di dalamnya. Pada umumnya, penggunaan serum skincare cukup sebanyak satu atau dua kali sehari.

Sebagai saran, baiknya Anda menggunakan serum dengan formulasi khusus antioksidan dan anti pigmentasi pada pagi hari. Hal ini akan memaksimalkan kinerja bahan aktif pada serum dan membantu melindungi kulit wajah Anda dari radikal bebas, sinar ultraviolet dan polusi. Sementara pada malam hari, Anda bisa menggunakan serum anti-aging. Penggunaan serum pada waktu yang tepat akan membantu performanya lebih baik sehingga Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Anda Bisa Mengaplikasikan Skincare Lain Setelah Serum

Anda bisa mengaplikasikan jenis skincare lainnya setelah menggunakan serum Azarine. Jenis skincare lainnya yang dimaksud antara lain moisturizer, krim mata dan sunscreen.

Pengaplikasian skincare selain serum juga cukup penting dilakukan agar kulit wajah tetap sehat. Apalagi jika Anda banyak beraktivitas di luar ruangan, gunakanlah sunscreen setidaknya 30 SPF guna memproteksi kulit Anda dari sinar ultraviolet.

Itulah pembahasan tentang serum, mulai dari manfaat, jenis dan kandungan serta cara pemakaiannya. Ketahuilah, serum Azarine menjadi salah satu produk skincare yang banyak dilirik para wanita di Indonesia.



ARTICLES

Beauty Journals