Apa Manfaat Kandungan AHA, BHA & PHA Pada Produk Skincare?

Posted: 27 May 2022


Apa Manfaat Kandungan AHA, BHA & PHA Pada Produk Skincare?

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan serum AHA, BHA dan PHA. Tapi tahu tidak apa manfaat kandungan AHA, BHA maupun PHA di dalam dunia skincare? AHA, BHA dan PHA adalah macam-macam jenis hydroxyl acids atau asam hidroksi yang sangat bagus bagi kesehatan kulit. Oleh karenanya, tidak sedikit produk perawatan kulit atau skincare yang mengandung AHA, BHA maupun PHA.

Nah, hingga sekarang masih banyak nih yang menganggap asam sebagai zat yang berbahaya dan dapat merusak kulit. Padahal, tidak semua kandungan asam di dalam skincare berbahaya apabila konsentrasinya tepat. Sebaliknya, kandungan asam dapat menjadi obat yang ampuh dalam mengatasi permasalahan kulit.

Jadi, mulai sekarang jangan pernah lagi menganggap asam sebagai zat yang dapat merusak kulit, tidak terkecuali AHA, BHA maupun yang jarang disebutkan yakni PHA. Di bawah ini, kami informasikan manfaat kandungan AHA, BHA & PHA di dalam produk skincare.

Manfaat Kandungan AHA, BHA dan PHA

Ketiga jenis asam hidroksi baik AHA, BHA dan PHA pada intinya memiliki manfaat yang sama. Yakni, mengatasi berbagai permasalahan kulit dan membuatnya menjadi lebih sehat. Lebih detailnya, berikut kami paparkan manfaat kandungan AHA, BHA dan PHA dalam produk skincare.

1. Manfaat AHA

AHA memiliki kepanjangan Alpha Hydroxy Acid atau dalam bahasa Indonesia disebut asam alfa hidroksi. AHA termasuk dalam jenis asam larut air yang diperoleh dari proses pengolahan tanaman maupun hewan.

Nah, beberapa kandungan AHA yang bisa kamu jumpai di dalam produk skincare, di antaranya citric acid yang pengolahannya dari jeruk, glycolic acid yang pengolahannya dari tebu, hydroxycaprylic acid yang pengolahannya dari hewan, lactic acid yang pengolahannya dari karbohidrat dan tartaric acid yang pengolahannya dari anggur.

Dari beberapa jenis kandungan AHA tersebut, lactic acid dan glycolic acid menjadi yang terpopuler di dalam dunia skincare. Hal ini dikarenakan kedua kandungan itu sangat bersahabat bagi kulit dan jarang memunculkan efek iritasi.

AHA memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan kulit. Kandungan ini juga bermanfaat mengatasi berbagai permasalahan kulit di antaranya:

  • Menghilangkan bekas jerawat

  • Mengusir jerawat

  • Mencerahkan rona kulit yang tidak merata

  • Mengangkat sel kulit mati

  • Mengecilkan pori-pori kulit

  • Mencegah penuaan dini pada kulit

  • Membantu mengembalikan kekenyalan kulit

Produk skincare yang mengandung AHA dipastikan aman diaplikasikan pada kulit, termasuk produk serum AHA BHA terbaik besutan Azarine, yakni Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum. Akan tetapi, kami menyarankan skincare yang mengandung AHA sebaiknya konsentrasinya kurang dari 10 persen.

Adapun serum AHA BHA Azarine Miraclear Herbal Peeling mengandung AHA sebesar 7,5 persen. Jadi, dipastikan sangat aman diaplikasikan pada kulit.

2. Manfaat BHA

BHA memiliki kepanjangan Beta Hydroxy Acid atau dalam bahasa Indonesia disebut asam beta hidroksi. BHA merupakan asam larut lemah yang diperoleh dari kayu manis, pohon willow dan/atau wintergreen.

Mungkin kamu sudah mengetahui kalau banyak produk skincare yang mengandung BHA mengklaim mampu mengatasi jerawat. Memang benar, BHA bisa dikatakan obat yang ampuh mengatasi jerawat pada kulit wajah.

Berikut ini sejumlah manfaat kandungan BHA dalam skincare, selain mengatasi jerawat, yang perlu kamu ketahui:

  • Mengatasi kulit berminyak
  • Membersihkan kulit mati
  • Mengurangi sebum atau minyak berlebihan pada kulit wajah
  • Meminimalisir munculnya komedo hitam maupun putih (blackhead dan whitehead)
  • Mengurangi efek kemerahan pada kulit, terutama pada orang yang mengidap penyakit kulit rosacea.

Dari sejumlah manfaat yang kami sebutkan di atas, BHA lebih populer dikenal sebagai kandungan skincare yang ampuh mengobati jerawat. Sebagai saran, gunakan produk skincare yang mengandung konsentrasi BHA dalam rentang 0,5 – 5 persen jika ingin mengobati jerawat. Jangan menggunakan skincare yang mengandung BHA dengan konsentrasi melebihi 5 persen karena dapat mengiritasi kulit.

Nah, serum AHA BHA Azarine Miraclear Herbal Peeling mengandung BHA sebesar 1,5 persen. Jadi, sangat aman diaplikasikan pada kulit dan ampuh mengatasi permasalahan jerawat.

3. Manfaat PHA

PHA memiliki kepanjangan Polyhydroxy Acid atau dalam bahasa Indonesia disebut asam polihidroksi. PHA merupakan senyawa turunan dari AHA yang memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, di antaranya:

  • Mengangkat sel-sel kulit mati

  • Meratakan warna kulit

  • Meningkatkan kolagen pada kulit

  • Mencegah munculnya penuaan dini pada kulit

PHA termasuk jenis asam yang sangat bersahabat bagi kulit. Bahkan, jenis asam ini disebut-sebut tidak akan mengiritisi kulit sehingga sangat cocok bagi kulit sensitif. Jadi, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif terhadap AHA dan BHA, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung PHA.

Perlu kamu ketahui, sejumlah jenis PHA yang bisa kamu temukan di dalam produk skincare di antaranya lactobionic acid, galactose dan gluconolactone. Dari ketiga jenis PHA tersebut, gluconolactone menjadi yang terpopuler.

Mana yang Lebih Baik antara AHA, BHA dan PHA?

Sebenarnya, produk skincare yang memiliki kandungan AHA, BHA dan PHA sama-sama baik. Hanya, kamu harus menyesuaikan penggunaan skincare dengan kondisi atau permasalahan kulit yang sedang kamu alami.

Misalnya, saat ini kamu sedang memerangi masalah penuaan dini pada kulit, maka gunakanlah produk skincare yang mengandung AHA. Sementara itu, apabila kamu saat ini tengah melawan jerawat atau bekas jerawat, gunakan produk skincare yang mengandung BHA. Lebih lanjut, produk skincare yang mengandung PHA bisa kamu gunakan apabila kulitmu sensitif terhadap kandungan AHA dan BHA.

Nah, perlu kamu ketahui, menurut sebuah penelitian, produk skincare yang mengandung AHA dan BHA boleh digunakan. Bahkan, produk skincare yang mengandung kedua jenis asam ini disebut memiliki manfaat yang lebih bagus, salah satunya produksi kolagen semakin tinggi. Kolagen sendiri merupakan protein yang amat penting bagi kesehatan kulit.

Jadi tidak heran kalau saat ini banyak produk skincare yang mengandung AHA dan BHA. Salah satunya serum AHA BHA Azarine Miraclear Herbal Peeling.

Mengenal Serum AHA BHA dari Azarine

Seperti yang kami sebutkan di atas, Azarine memiliki produk serum AHA BHA bernama Azarine Miraclear Herbal Peeling. Serum ini mengandung AHA complex 7,5 persen dan BHA 1,5 persen.

Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum dapat membantu menyehatkan kulit dan mendepak berbagai permasalahan kulit. Di antaranya: mengangkat sel-sel kulit mati, menyamarkan garis halus dan pori-pori besar pada kulit, mengusir bekas-bekas jerawat dan meregenerasi sel-sel kulit.

Bagi kamu yang tertarik menggunakan Azarine Miraclear Herbal Peeling Serum, kamu bisa mengaplikasikannya setiap malam 2 – 3 kali dalam seminggu. Penggunaan serum ini setelah toner ya. Oh ya, kamu harus menghindari produk skincare lain yang mengandung niacinamide atau retinol untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kulitmu.

Itulah pembahasan tentang manfaat kandungan AHA, BHA dan PHA pada produk skincare. Sekarang kamu sudah paham nih berbagai manfaat yang ditawarkan ketiga jenis asam tersebut. Jadi, jangan ragu lagi menggunakan skincare yang mengandung salah satu atau beberapa jenis asam tersebut, seperti serum AHA BHA Azarine Miraclear Herbal Peeling.



ARTICLES

Beauty Journals