Pelembab Kulit Berminyak dan Berjerawat, Ketahui Tips Memilihnya

Posted: 10 Nov 2021


Pelembab Kulit Berminyak dan Berjerawat, Ketahui Tips Memilihnya

Penggunaan pelembab kulit berminyak dan berjerawat sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengalami dua masalah kulit itu. Ya, tidak sedikit orang yang merasa kurang percaya diri karena produksi minyak berlebih pada kulit. Buruknya, hal itu dapat memunculkan jerawat yang semakin mengganggu penampilan.

Penggunaan pelembab kulit berminyak dan berjerawat sangat direkomendasikan untuk Anda yang mengalami dua masalah kulit itu. Ya, tidak sedikit orang yang merasa kurang percaya diri karena produksi minyak berlebih pada kulit. Buruknya, hal itu dapat memunculkan jerawat yang semakin mengganggu penampilan.

Di sisi lain, masih banyak masyarakat kita yang menganggap kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab atau juga disebut moisturizer. Ketahuilah, anggapan itu tidaklah benar dan sebaiknya Anda tidak juga beranggapan demikian.

Memang, kulit kita secara alami memproduksi minyak alami untuk menjaga kelembaban. Namun, produksi minyak secara berlebihan itu-lah yang menjadi masalah yang harus segera diatasi.

Saat ini, ada banyak produk skincare berupa pelembab kulit berminyak dan berjerawat yang beredar di pasaran. Sebagai pihak konsumen, Anda mesti mengetahui tips memilih pelembab kulit berminyak dan berjerawat yang paling cocok dan terbaik untuk kulit Anda.

Tips Memilih Pelembab Kulit Berminyak dan Berjerawat

Nah, di bawah ini kami akan memandu Anda dalam memilih moisturizer atau pelembab kulit berminyak dan pelembab kulit berjerawat yang cocok. Simak dengan saksama ya!

1. Pilih Moisturizer Berbahan Air

Jika dilihat dari kasat mata, kulit berminyak memiliki tingkat kelembaban yang lebih tinggi daripada kulit normal atau bahkan kering. Namun, Anda harus tahu, kelembaban itu terletak pada permukaan kulit saja. Sementara itu, moisturizer masih dibutuhkan untuk memberikan efek lembab pada lapisan bawah kulit.

Hal ini mengakibatkan muncul berbagai masalah kulit, terutama masalah jerawat dan komedo. Kenapa bisa seperti itu? Kulit yang kurang lembab susah menyerap kandungan-kandungan baik yang berasal dari luar. Jadi, meski Anda menggunakan produk perawatan kulit terbaik, sementara kulit kurang lembab, masalah seperti jerawat dan komedo masih berpeluang besar muncul.

Oleh karenanya, tips pertama ini merekomendasikan Anda memilih produk pelembab kulit berminyak dan berjerawat yang berbahan dasar air atau gel. Dengan begitu, pelembab akan mampu menembus dan menuju lapisan kulit dalam.

Lebih lanjut, kami juga menyarankan Anda tidak memilih produk pelembab yang mengandung minyak (alias oil free). Dengan begitu, kulit Anda tidak akan mengalami penumpukan minyak yang justru dapat menimbulkan masalah.

Satu hal lagi yang perlu Anda lakukan. Yakni, pilihlah produk pelembab kulit berjerawat dan berminyak yang bertekstur ringan dan sejuk saat digunakan, seperti produk besutan Azarine.

2. Hindari Bahan-bahan Tertentu

Pada tips pertama di atas, kami telah mengarahkan Anda untuk tidak memilih produk pelembab kulit berminyak dan berjerawat yang mengandung minyak (alias free oil). Ya, bahan-bahan tertentu seperti minyak mineral, minyal jarak, lanolin, siklometikon, petroleum jelly dan parafin memang harus dihindari.

Selain itu, Anda juga mesti menghindari pelembab yang mengandung bahan oklusif dan emolien. Ketahuilah, tidak sedikit pelembab di pasaran yang mengandung kedua bahan itu karena memang dapat menghaluskan dan melembutkan kulit. Namun, pengguna yang memiliki kulit berminyak, kedua bahan itu justru memicu tumbuhnya jerawat. Hal ini disebabkan sebum terperangkan di dalam kulit.

Nah, agar kulit Anda makin berseri-seri seperti Prilly Latuconsina dan Natasha Wilona, kami sarankan Anda membarengi penggunaan produk pelembab oil free ini dengan tidak menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak. Dengan menerapkan itu, masalah kulit berminyak akan terdepak jauh dari hidup Anda.

3. Baca Label Kemasan dengan Cermat

Hal terpenting sebelum membeli dan menggunakan produk pelembab kulit berjerawat dan berminyak adalah membaca label pada kemasannya dengan cermat. Di situ, Anda akan menemukan komposisi yang digunakan dalam pembuatan produk skincare itu.

Lebih lanjut, Anda juga akan menemukan istilah oil free sebagaimana yang kami sebutkan sebelumnya, juga istilah-istilah lainnya seperti non acnegenic (tidak menyebabkan timbul jerawat), non comedogenic (tidak menyumbat pori-pori) dan lainnya.

Nah, sebaiknya Anda memilih produk pelembab kulit berjerawat dan berminyak yang mengandung kombinasi dari beberapa bahan itu. Salah satunya yang terbaik adalah produk pelembab Azarine.

Rekomendasi Produk Pelembab Kulit Berjerawat dan Berminyak Terbaik

Produk pelembab atau moisturizer terbaik yang sangat recommended untuk Anda adalah Azarine, lebih lengkapnya Azarine Easy White Light Moist Day Cream. Seperti yang kami jelaskan di atas, produk pelembab kulit berjerawat dan berminyak yang bagus memiliki tekstur yang ringan dan sejuk saat dioleskan. Nah, produk pelembab Azarine ini memiliki karakter seperti itu.

Lebih lanjut, pelembab Azarine juga terkenal dengan teksturnya yang terasa seperti air saat digunakan. Ini sangat cocok bagi kulit berminyak yang membutuhkan hidrasi.

Produk Azarine ini diketahui juga memiliki kandungan niacinamide yang menjadi ‘idola’ pecinta skincare. Bagaimana tidak, kandungan itu terbukti dapat mengontrol minyak dan mencerahkan kulit.

Azarine Easy White Light Moist Day Cream juga sangat recommended dikenakan pada siang hari yang panas. Hal ini dikarenakan di dalamnya terdapat kandungan SPF 25 yang dapat memproteksi kulit dari paparan sinar UV.

Akan tetapi, kami merekomendasikan Anda tetap menggunakan sunscreen yang mengandung SPF minimum 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Mengingat, kandungan SPF di dalam pelembab Azarine tidak cukup tinggi.

Pengin tampil cantik ala Prilly Latuconsina dan Natasha Wilona? Gunakan produk-produk skincare Azarine, salah satunya Azarine Easy White Light Moist Day Cream.

Cara Merawat Kulit Berjerawat dan Berwinyak

Perlu Anda ketahui, merawat kulit berjerawat (terlebih jerawat yang membandel) dan berminyak tidaklah gampang. Anda perlu menggunakan pelembab kulit berminyak dan berjerawat terbaik dan cocok untuk jenis kulit Anda.

Selain itu, sedikitnya ada tujuh hal yang perlu Anda lakukan agar kulit Anda selalu dalam keadaan sehat dan berseri-beri. Berikut di antaranya:

  • Cuci muka rutin setiap pagi dan sore. Selain itu, Anda juga perlu mencuci muka usai berolahraga atau menjalankan aktivitas di luar ruangan lainnya. Sebagai tips, cuci muka sebaiknya tidak dibarengi dengan menggosok kulit. Sebab, hal itu dapat meng-iritasi kulit, terlebih jika kulit Anda sensitif.
  • Saat mencuci muka, Anda bisa menggunakan sabun pencuci wajah yang memiliki karakteristik lembut dan berbusa. Ini dapat memberikan efek kering pada kulit yang berminyak.
  • Jangan lupa senantiasa menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan. Hal ini dapat mencegah kerusakan dan gangguan-gangguan yang mengakibatkan kulit tidak sehat.
  • Gunakan produk makeup yang berbasis (atau berbahan dasar) air dan oil-free.
  • Gunakan produk skincare yang (juga) berlabelkan oil-free, non acnegenic dan non comedogenic, termasuk produk pelembab kulit berjerawat dan berminyak.
  • Hindari mengonsumsi makanan mengandung lemak.
  • Tidur dalam kondisi tanpa makeup. Dengan kata lain, jangan membiasakan tidur dengan makeup belum terhapus.
  • Saat tangan dalam keadaan kotor, jangan menyentuh wajah ya!

Itulah tips memilih pelembab kulit berminyak dan berjerawat, berikut rekomendasi pelembab terbaik. Jika ingin tampil layaknya aktris ternama Prilly Latuconsina dan Natasha Wilona, produk skincare Azarine-lah pilihan yang terbaik.



ARTICLES

Beauty Journals