Hindari 5 Kesalahan Penggunaan Sunscreen Wajah Berjerawat

Posted: 29 Jan 2021


Hindari 5 Kesalahan Penggunaan Sunscreen Wajah Berjerawat

Meski melakukan kegiatan di dalam ruangan dan tidak terkena sinar matahari secara langsung, kamu tetap harus menggunakan sunscreen wajah berjerawat. Meski berada di dalam ruangan, kulit tetap harus terlindungi dari sinar UV yang mungkin menembus kaca gedung atau radikal bebas dari sumber lain.

Sudah tahu sunscreen yang tepat untuk wajah berminyak? Kulit berminyak harus mendapatkan perhatian khusus. Dalam memilih skincare, kamu harus memperhatikan banyak hal termasuk menghindari beberapa kandungan yang bisa meningkatkan produksi minyak. Ini juga menjadi alasan kamu perlu sunscreen wajah berminyak.

Kesalahan dalam Penggunaan Sunscreen Wajah Berjerawat

Kulit berminyak dan berjerawat merupakan masalah kulit yang banyak dihadapi. Tidak jarang para penderita masalah kulit tersebut mudah stres sehingga mencoba berbagai cara untuk mengatasinya. Meski sunscreen penting, tetapi kesalahan dalam menggunakannya dapat memperparah kondisi kulit saat ini.

Jadi, meskipun sudah memilih produk sunscreen untuk wajah berminyak dan berjerawat, kamu juga harus memperhatikan langkah-langkah penggunaannya. Jangan sampai melakukan beberapa kesalahan di bawah ini:

Tidak Memperhatikan Kandungan Sunscreen

Seperti produk sunscreen pada umumnya, sunscreen juga mungkin memiliki kandungan yang tidak cocok untuk kondisi kulit kamu yang rentan berjerawat. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa sunscreen wajah berjerawat memiliki kandungan yang aman bagi kulit. Sehingga tidak akan menimbulkan dampak buruk.

Hanya Menggunakan Sekali di Pagi Hari

Yakin bahwa sunscreen wajah berminyak akan bekerja dengan optimal? Sayangnya, masih banyak orang yang menganggap bahwa sunscreen cukup satu kali aplikasi yaitu di pagi hari. Keringat, kotor, pakaian, kulit, dan air dapat menghapus sunscreen dengan mudah.

Agar kulit tetap terlindung dari dampak buruk sinar UV, jangan lupa untuk mengaplikasikannya setiap dua atau tiga jam sekali.

Menggunakan Produk yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Kulit berminyak dan berjerawat memerlukan produk yang berbeda dengan kulit normal. Itulah kenapa sunscreen wajah berminyak dan berjerawat mulai banyak ditawarkan. Jika kamu menggunakan sunscreen yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit, bukan hanya perlindungan yang tidak maksimal tetapi juga masalah kulit lain bisa muncul.

Untuk kulit berjerawat, kamu bisa menghindari produk tabir surya yang mengandung alkohol dan wewangian. Sebaiknya kamu memastikan jika tabir surya tersebut merupakan produk non-comedogenic dan ringan di wajah agar tidak menutup atau menyumbat pori-pori kulit.

Tidak Konsisten dalam Menggunakannya

Sunscreen memberikan perlindungan terhadap kulit hanya saat digunakan. Jadi, apabila kamu tidak menggunakannya setiap hari secara konsisten, bukan tidak mungkin sinar UV bisa menembus lapisan kulit dan menyebabkan kerusakan.

Karena memiliki fungsi penting, kamu tidak boleh melewatkan penggunaan sunscreen sebelum melakukan kegiatan sehari-hari meski hanya di dalam ruangan.

Menggunakan SPF yang Salah

Setiap sunscreen wajah berminyak dan berjerawat hadir dengan kandungan SPF yang berbeda. Apabila tidak memperhatikan kebutuhan SPF yang tepat, bagaimana kulit akan terlindungi dari paparan sinar matahari? Untuk kamu yang melakukan kegiatan di luar ruangan, gunakan sunscreen dengan SPF 50 atau lebih. Kandungan SPF tersebut bisa memblokir hingga 98% radiasi dari ultraviolet.

Bila perlu, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi. Semakin tinggi SPF, semakin tinggi pula perlindungan yang diberikannya.

Jika masih bingung dalam memilih sunscreen yang tepat, kamu bisa memilih salah satu produk sunscreen dari Azarine. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit agar sunscreen bekerja dengan baik tanpa menimbulkan efek negatif bagi kulit.



ARTICLES

Beauty Journals