Tips Memilih Sunscreen Badan dan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Posted: 08 Jan 2021


Tips Memilih Sunscreen Badan dan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Dengan banyaknya produk sunscreen badan dan wajah di pasaran, rasanya tidak sulit untuk mendapatkan produk tabir surya. Akan tetapi, apakah kamu yakin jika hasilnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perlindungan terhadap kulit?

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Jadi, kamu tidak bisa menyamakan antara kulit badan dan wajah kamu dengan kulit teman yang sudah cocok menggunakan produk sunscreentertentu. Oleh karena itu, sebaiknya kenali dulu apa jenis kulit kamu agar bisa mendapatkan produk yang sesuai. Sehingga, hasil dari penggunaan sunscreen badan dan wajah akan lebih maksimal dan minim efek samping.

Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Saat hendak membeli sunscreen badan dan wajah, salah satu hal penting yang harus kamu pertimbangkan adalah jenis kulit. Mengapa demikian? Salah pilih produk bisa berdampak pada permasalahan kulit yang serius.

Berikut adalah tips yang bisa kamu ikuti agar mendapatkan sunscreen sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhannya:

Kulit Berminyak

Punya kulit berminyak? Memilih produk perawatan kulit untuk kulit berjerawat memang agak tricky. Jadi, saat hendak membeli sunscreen badan dan wajah untuk jenis kulit ini, kamu bisa mempertimbangkan kandungan di dalam produk tersebut.

Pada dasarnya, sunscreen mineral dan kimiawi aman untuk semua jenis kulit. Namun, akan lebih baik untuk memilih sunscreen mineral dengan kandungan titanium dioksida dan zinc dioksida. Sunscreen tersebut dinilai bersahabat dengan pemilik kulit berminyak yang mudah berjerawat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sunscreen yang berbasis air. Untuk jenis kulit berminyak, kamu harus menghindari produk berbasis minyak untuk mencegah risiko permasalahan kulit. Biasanya, produk berbasis air mudah diserap oleh kulit dan tidak menyumbat pori. Sehingga tidak akan menyebabkan masalah lain pada kulit seperti komedo dan jerawat.

Kulit Sensitif

Seperti namanya, jenis kulit ini sensitif terhadap hal-hal yang dapat mengiritasi kulit seperti bahan kimia. Oleh sebab itu, pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam memilih sunscreen badan dan wajah. Bagi kamu pemilik jenis kulit ini, sebaiknya gunakan sunscreen yang lebih ringan dengan kandungan zinc oxide. Kandungan tersebut cenderung tidak menimbulkan reaksi sehingga aman untuk kulit sensitif.

Sedangkan sunscreen dengan kandungan paraben dan oxybenzone adalah produk yang harus kamu hindari. Mengapa demikian? Kandungan tersebut dapat menimbulkan ruam kulit serta iritasi.

Kulit Kering

Kulit kering memiliki sedikit kadar minyak alami kulit. Tidak jarang jenis kulit ini juga mudah sensitif dan mengelupas karena kurangnya kelembapan pada kulit. Nah, apabila kamu memiliki ciri-ciri tersebut, artinya kamu memiliki jenis kulit kering.

Lalu, sunscreen seperti apa yang cocok untuk jenis kulit ini? Kulit kering berarti memerlukan kelembapan yang lebih. Nah, kamu bisa memilih sunscreen dengan kandungan pelembap yang tepat seperti silikon dan minyak lanolin.

Sebaiknya kamu memilih sunscreen dengan konsistensi pekat agar kulit terlindung dari kerusakan. Adapun sunscreen bisa kamu dapatkan dalam bentuk krim atau lotion sesuai kebutuhan. Penderita melasma memerlukan sunscreen dengan SPF 30 agar mendapatkan perlindungan ekstra.

Kulit Normal

Dilihat dari namanya saja, kamu pasti sudah bisa menyimpulkan jika kulit normal artinya tidak memilih masalah kulit tertentu. Pada umumnya, jenis kulit ini dapat beradaptasi dengan berbagai tekstur, sifat, dan kandungan produk skincare termasuk sunscreen.

Dengan demikian, kamu pemilik kulit normal bisa memilih sunscreen kimiawi maupun sunscreen mineral. Bahkan, kamu bisa memilih produk dengan tekstur krim, losion, maupun gel. Ini tentunya merupakan keuntungan yang tidak mudah didapatkan oleh jenis kulit lain.

Jika ingin menambah kelembapan pada kulit badan maupun wajah, kamu bisa memilih sunscreen badan dan wajah yang mengandung hyaluronic acid.

Kulit Kombinasi

Seperti apa sih kulit kombinasi itu? Biasanya kulit kombinasi ditandai dengan minyak berlebih di area T-zone (dahi, hidung, dan dagu) namun normal atau kering di area lainnya seperti di sekitar mata dan pipi.

Karena pemilik kulit kombinasi umumnya bermasalah dengan komedo, akan lebih baik untuk menggunakan sunscreen non-komedogenik. Artinya, produk tersebut tidak akan menyebabkan komedo karena tidak menyumbat pori-pori kulit.

Agar mendapatkan sunscreen badan dan wajah yang sesuai kebutuhan, kamu bisa mempertimbangkan beberapa produk sunscreen dari Azarine. Dengan begitu, kamu bisa menentukan produk mana yang cocok untuk jenis kulitmu.



ARTICLES

Beauty Journals