Jangan Asal Beli, Ini Cara Pilih Sunscreen Terbaik Sesuai Jenis Kulit

Posted: 31 Aug 2021


Bagaimana memilih sunscreen terbaik sesuai jenis kulit? Ya, memang ada banyak produk sunscreen dengan berbagai merek yang dijual di pasaran sehingga membingungkan pelanggan saat memilihnya.

Memilik sunscreen memang sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya, sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat tentu tidaklah sama dengan sunscreen untuk kulit kering.

Nah, melalui artikel ini, kami akan membagikan cara memilih sunscreen terbaik sesuai jenis kulit. Selain itu, kami akan memberikan rekomendasi produk sunscreen berkualitas yang cocok Anda jadikan ‘sahabat’ sehari-hari. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

Apa itu Sunscreen?

Sebelum menuju pembahasan inti, mari kita berkenalan terlebih dahulu dengan sunscreen. Jangan-jangan Anda belum mengetahui apa itu sunscreen.

Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang bekerja menyerap sinar matahari dengan menembus lapisan teratas kulit. Di pasaran, sunscreen bisa dijumpai dalam dua jenis, yakni sunscreen mineral dan kimiawi.

Sunscreen mineral terbuat dari mineral alami atau disebut juga titanium dioksida dan mineral sintetis atau disebut juga zinc oksida. Jenis sunscreen ini mampu melindungi kulit dari UV B dan UV B.

Sementara itu, sunscreen kimiawi terbuat dari bahan-bahan kimia, seperti avobenzone, octocrylene, oxybenzone dan lainnya. Pada umumnya, jenis sunscreen ini berfungsi melindungi kulit dari UV B. Namun, sudah banyak produk sunscreen kimiawi di pasaran yang disebut-sebut mampu melindungi kulit dari UV A.

Lantas , bagaimana cara mengaplikasikan sunscreen? Pengaplikasian sunscreen bisa dilakukan ke semua area yang tidak tertutup pakaian. Mulai dari wajah hingga ujung kaki.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kami menyarankan Anda mengaplikasikan sunscreen setiap dua jam sekali, apabila Anda sehari-harinya beraktivitas di luar ruangan. Mengapa harus dua jam sekali?

Perlindungan dari sunscreen akan terus berkurang dari waktu ke waktu sejak awal diaplikasikan. Hal ini bisa terjadi karena terhapus oleh keringat, gesekan dengan kulit dan lainnya. Sehingga, demi melindungi diri dari paparan sinar matahari, diperlukan pengaplikasian sunscreen setiap dua jam sekali.

Cara Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Sebelum membeli sunscreen, pastikan Anda sudah mengetahui seperti apa jenis kulit yang Anda miliki, apakah kulit berminyak dan berjerawat, kering atau normal. Dengan begitu, Anda dapat memilih sunscreen yang tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda. Berikut cara memilih sunscreen sesuai jenis kulit yang perlu Anda ketahui.

1. Sunscreen untuk Kulit Kering

Sunscreen untuk kulit kering sebaiknya terbuat dari bahan mineral, baik mineral alami atau mineral sintetis. Mineral alami disebut juga titanium dioksida diketahui dapat memantulkan radiasi sinar UV serta tidak akan menjadikannya terurai di bawah terik matahari.

Sementara itu, mineral sintesis disebut juga zinc oksida dapat memecah panas serta energi yang berasal dari pelepasan sinar UV. Selain itu, zinc oksida juga mampu menjauhkan kulit dari radiasi matahari, bahkan sebelum terkena permukaan kulit.

Sunscreen berbahan mineral tidak akan menimbulkan alergi saat dipakai karena sifatnya yang tidak meresap ke dalam kulit. Kulit pun akan tampak lembab yang mana hal itu sangat dibutuhkan untuk pemilik kulit kering.

Lebih dari itu, sunscreen untuk kulit kering ini juga dapat mencegah masalah kulit pecah-pecah dan tidak akan timbul iritasi. Adapun salah satu sunscreen untuk kulit kering terbaik ialah dari produk Azarine.

2. Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Banyak yang menggunakan sunscreen kimiawi untuk kulit berminyak dan berjerawat. Memang, boleh-boleh saja menggunakan yang berbahan kimiawi, namun kami menyarankan sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat yang berbahan dasar mineral. Apa alasannya?

Sunscreen mineral tidak akan menimbulkan reaksi alergi dibandingkan sunscreen kimiawi yang mana reaksi alergi kemungkinan besar akan timbul. Sunscreen mineral pun lebih bersahabat bagi pemilik kulit berjerawat.

Lebih lanjut, sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya terbuat dari air, bukan minyak. Sebab, kandungan minyak justru akan membuat kulit semakin berminyak sementara kandungan air mampu terserap dengan baik ke dalam kulit.

Anda juga harus cermat memilih sunscreen yang bersifat non-komedogenik. Sehingga, produk sunscreen tersebut tidak akan mengakibatkan kemunculan jerawat yang lebih parah lagi.

Oh ya, perihal SPF, sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat ber-SPF 15 sejatinya sudah cukup melindungi dari sinar matahari. Namun, Anda sebaiknya memilih yang ber-SPF 30 untuk memperoleh perlindungan dari sinar matahari yang optimal.

3. Sunscreen untuk Kulit Normal

Lantas, bagaimana dengan kulit normal? Apakah sunscreen yang digunakan juga sebaiknya berbahan mineral?

Memilih sunscreen terbaik untuk kulit normal lebih mudah daripada memiliki permasalahan kulit sebagaimana yang kami sebutkan di atas. Ya, pemilik kulit normal bisa memakai sunscreen berbahan mineral maupun kimiawi.

Kulit dalam kondisi normal diketahui mampu beradaptasi baik dengan berbagai kandungan sunscreen, termasuk jenis skincare lainnya. Hanya, Anda perlu menyesuaikan pemilihan sunscreen dengan target yang ingin Anda capai. Misalnya, Anda pengin menambah kelembapan kulit, maka gunakan sunscreen yang mengandung hyaluronic acid.

4. Sunscreen untuk Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi membutuhkan beberapa sunscreen yang memiliki kandungan berbeda. Biasanya, pemilik jenis kulit ini memiliki kulit berminyak pada hidung, dagu dan dahi. Sementara pada area pipi dan sekitar mata lebih kering.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan sunscreen untuk kulit kombinasi adalah mengandung non-komedogenik. Sebab, kulit kombinasi sangat mungkin memunculkan jerawat dan komedo.

Jadi, bisa dikatakan, kulit kombinasi membutuhkan perhatian lebih dalam pengaplikasian produk skincare, tidak terkecuali sunscreen. Dengan memilih sunscreen terbaik seperti produk Azarine, berbagai permasalahan kulit tidak akan muncul.

Rekomendasi Sunscreen Terbaik

Seperti yang kami katakana di atas, ada banyak produk sunscreen dari berbagai merek yang dijual di pasaran. Selain memerhatikan jenis kulit yang Anda miliki, sebaiknya pertimbangkan juga merek produsen dari produk sunscreen terkait.

Pilihlah sunscreen dari merek terkenal, seperti Azarine, untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Azarine sendiri merupakan merek produk skincare ternama di Indonesia yang menjual berbagai jenis skincare dengan harga terjangkau, yang mana salah satunya Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel. Seperti namanya, sunscreen besutan Azarine ini berbentuk gel atau water base. Sifatnya sangat ringan, gampang meresap ke dalam kulit dan sangat ringan.

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel mengandung bahan-bahan alami yang sangat baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV A maupun UV B. Beberapa bahan alami itu di antaranya aloevera, green tea, propolis dan delima.

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel bisa disebut sebagai sunscreen untuk kulit berminyak dan berjerawat terbaik. Selain itu, apabila Anda mencari sunscreen untuk kulit kering, produk besutan Azarine ini juga bisa diandalkan.

Itulah pembahasan tentang cara memilih sunscreen sesuai jenis kulit. Ingat! Jangan asal membeli sunscreen tanpa mengetahui dan menyesuaikannya dengan kondisi kulit Anda. Pilihlah sunscreen dari merek ternama dan terbukti berkualitas, seperti Azarine.



ARTICLES

Beauty Journals