Kenali Apa itu Skin Barrier dan Bagaimana Cara Merawatnya

Posted: 19 Jun 2021


Belakangan ini, banyak wanita mencari serum untuk skin barrier yang rusak. Skin barrier memang harus dirawat dengan baik agar mampu menjalankan fungsi utamanya, yakni melindungi kulit dari berbagai permasalahan.

Ya, skin barrier ialah lapisan kulit terluar yang memiliki peranan melindungi atau memproteksi kulit dari beberapa hal serta mencegah kulit kehilangan cairannya. Beberapa hal yang dimaksud di antaranya sinar ultraviolet, polusi, iritasi dan inflamasi, dehidrasi dan zat beracun.

Mengenal Apa itu Skin Barrier Lebih Dekat

Perlu kamu tahu, kulit memiliki beberapa lapisan, salah satu lapisan terluarnya bernama epidermis. Lapisan epidermis ini sendiri mempunyai dua lapisan sel utama, yakni skin barrier dan acid mantle.

Acid mantle memiliki fungsi utama memproteksi kulit dari bakteri, virus dan kontaminasi pantogen lainnya. Adapun fungsi utama skin barrier telah kami jelaskan di atas, yakni melindungi kulit dari polusi hingga zat beracun.

Nah, skin barrier dapat rusak lho karena gaya hidup yang buruk maupun faktor lainnya. Misalnya: produk skincare yang digunakan tidak sesuai, merokok, stres, alergi, iritasi, cuaca ekstrem dan riwayat keluarga dengan kondisi kulit serupa. Adapun ciri-ciri skin barrier rusak di antaranya: kulit kering dan bersisik, muncul jerawat, warna kulit tidak merata, kulit jadi lebih sensitif, muncul kerutan dan kulit terasa gatal.

Oleh karenanya, Anda harus merawat skin barrier dengan baik. Tujuannya, tidak lain agar kulit tetap sehat dan terproteksi dengan baik dari permasalahan tertentu.

Cara Merawat Skin Barrier

Selain menggunakan serum untuk skin barrier dari Azarine, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah perawatan. Berikut di antaranya:

1. Menghidrasi Kulit

Cara merawat dan/atau memperbaiki skin barrier yang rusak ialah menghidrasi kulit secara optimal. Menghidrasi kulit bisa dilakukan dengan mengaplikasikan pelembab yang mengandung ceramide dan glycerin.

Selain itu, Anda juga bisa menghidrasi kulit dari dalam tubuh, yakni dengan cara minum air putih 2 liter per hari. Cara lain yang bisa Anda lakukan di antaranya mengonsumsi buah-buahan yang kaya air, seperti jeruk, semangka, melon dan lainnya.

2. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Skin barrier juga bisa rusak karena paparan sinar matahari secara berlebihan dan kulit tidak terproteksi karena tidak menggunakan sunscreen. Oleh karenanya, Anda wajib menggunakan sunscreen setidaknya ber-SPF 30 atau lebih dari itu jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar. Salah satu produk sunscreen yang bisa Anda gunakan yaitu Azarine Hydrasoothe Sunscreen GEL SPF45 PA++++.

3. Memerhatikan pH Kulit

Cara merawat dan memperbaiki skin barrier yang rusak berikutnya ialah memerhatikan pH kulit. Nah, umumnya, kulit normal mempunyai pH 5,7. Adapun produk skincare kebanyakan mempunyai pH mulai 3,7 sampai 8,2.

Untuk menjaga pH kulit, Anda sebaiknya menggunakan skincare yang pH-nya mendekati pH kulit. Dengan cara ini, skin barrier akan terjaga dengan baik.

4. Gunakan Serum untuk Skin Barrier dari Azarine

Selain yang kami sebutkan di atas, menggunakan serum untuk skin barrier dari Azarine juga perlu kamu lakukan. Serum Azarine yang dimaksud yakni C White Lightening Serum.

C White Lightening Serum Azarine ini bisa menghidrasi kulit dengan baik sehingga mampu menjaga kelembabapan kulit dan memperbaiki skin barrier. Tidak saja itu, serum ini juga dapat mengusir dark spot, mencegah penuaan dini, mencerahkan dan melembutkan kulit.

Bisa disimpulkan, C White Lightening Serum Azarine memiliki multifungsi bagi kesehatan kulit. Jadi, tidak ada ruginya deh Anda menggunakan serum satu ini!

Itulah pembahan tentang skin barrier dan cara merawatnya. Yuk gunakan serum untuk skin barrier dari Azarine sekarang juga!



ARTICLES

Beauty Journals