Serum 101: Kenalan Lebih Lanjut dengan Serum dan Isinya!

Posted: 19 Oct 2021


Serum 101: Kenalan Lebih Lanjut dengan Serum dan Isinya!

Setelah kita tahu dan sangat familiar dengan serum, sekaligus punya serum andalan masing-masing, kita pasti punya pertanyaan dong, sebenarnya apa sih Serum ini? Tulisan di website Azarine kali ini bakalan bikin Zestie lebih tahu dan paham nih tentang serum yang selama ini sering kita pakai!

Kesadaran untuk menjaga dan merawat Kesehatan kulit menjadikan skin care atau perawatan kulit menjadi salah satu kebutuhan untuk setiap individu dan tidak terbatas pada perempuan saja. Melakukan perawatan kulit yang sesuai dengan kulit kita, tidak hanya merawat kesehatan kulit kita, tapi juga memperbaiki tekstur kulit dan meningkatkan fungsi kulit secara keseluruhan (Ganceviciene et al., 2012). Basic skin care atau perawatan kulit dasar yang selama ini kita sering jumpai meliputi cleanser, toner, serum, pelembab, dan sunscreen. Untuk meningkatkan fungsi kulit dengan bahan aktif yang bekerja pada kulit, pilihan utama adalah menggunakan serum.

Sederhananya, alias in a nutshell, serum adalah cairan berbentuk emulsi yang mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi (Sasidharan et al., 2014). Serum ini bisa berbahan dasar air dan bisa juga berbahan dasar minyak. Fungsi dari serum sendiri adalah menyalurkan nutrisi secara menyeluruh ke kulit kita dari bahan-bahan aktif yang diformulasikan di serum itu. Serum dan segala perawatan yang diformulasikan dengan bahan aktif dari ekstrak tanaman terbukti pada berbagai penelitian untuk menghadirkan solusi kulit yang aman dan hasil yang maksimal (Hassan et al., 2015; Gupta dan Jain, 2011; Huang et al., 2011; Buddeen, 2018).

Serum yang dalam dunia medis juga bisa didefinisikan sebagai konsentrat, mengandung bahan aktif yang bekerja 10x lebih efektif dibanding krim wajah (Sashidaran et al., 2014), sehingga inilah yang bisa membuat serum bekerja lebih maksimal untuk setiap permasalahan kulit kita, Zestie! Lebih lanjut, berbagai penelitian juga telah dilakukan untuk membuktikan hasil serum yang digunakan secara rutin bisa memperbaiki permasalahan kulit kita dalam waktu setidaknya empat minggu atau bahkan kurang! Jadi bisa dibilang serum adalah solusi yang intens untuk merawat kulit dengan nutrisi bahan aktif yang terkandung di dalamnya!

Jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, serum harus digunakan di tahap setelah pembersihan dan telah menggunakan toner. Kenapa? Karena toner inilah yang ‘mempersiapkan’ kulit kita dan menstabilkan pH kulit kita setelah melakukan pembersihan atau cleansing. Ini dia Langkah untuk mengaplikasikan serum dengan benar:

  • Ambil 1-2 tetes di telapak tangan dan aplikasikan ke seluruh wajah

  • Gosokkan serum ke kulit dengan gerakan memutar menggunakan ujung jari dengan lembut.

  • Tepuk tepuk lembut agar serum meresap lebih cepat

  • Lanjutkan dengan tahap skincare selanjutnya.




ARTICLES

Beauty Journals