Cara Tepat Memakai Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Posted: 18 Aug 2021


Cara Tepat Memakai Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Ada banyak manfaat toner untuk kulit wajah. Beberapa di antaranya yakni mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat.

Kulit wajah berminyak dan berjerawat memang harus segera diatasi. Mengingat, masalah kulit itu dapat mengikis kepercayaan diri seseorang saat dihadapkan dengan orang lain.

Ketahuilah, mengatasi kulit wajah berminyak dan berjerawat tidak cukup menggunakan sabun cuci muka saja. Anda harus menggunakan toner untuk mengangkat sisa kotoran yang masih membandel di kulit wajah.

Selain mengatasi kulit berminyak dan berjerawat, toner juga dapat menangani masalah kulit kering. Lebih lanjut, toner juga dapat menyeimbangkan pH kulit, mengencangkan pori-pori wajah dan mendepak racun pada kulit.

Nah, memakai toner untuk kulit berminyak dan berjerawat tidak boleh dilakukan asal-asalan. Hal ini penting diperhatikan agar Anda terhindar dari efek samping dari penggunaan toner tersebut. oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara tepat memakai toner untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Cara Memakai Toner untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Seperti diketahui, ada banyak produk skincare berupa toner yang beredar di pasaran. Cara memakai toner untuk kulit berjerawat dan berminyak ternyata sama saja meski produk yang digunakan berbeda. Berikut panduan selengkapnya:

1. Bersihkan Wajah

Terlebih dahulu, Anda harus membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Ingat, pastikan sabun cuci muka yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit Anda ya! Hal ini agar tidak terjadi permasalahan kulit wajah yang tidak diinginkan.

Adapun jika Anda menggunakan make up, maka bersihkan make up tersebut terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan produk make up remover. Kemudian lanjutkan dengan mencuci wajah dengan sabun cuci muka untuk mendepak sisa-sisa make up dan kotoran di wajah Anda.

Pada langkah pertama ini, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan handuk bersih setelah membersihkannya wajah ya! Sebagai tips, keringkan wajah dengan cara menepuk-nepukkan handuk ke wajah secara perlahan.

2. Cuci Tangan Hingga Bersih

Selain wajah, Anda juga harus memastikan tangan dalam keadaan bersih. Caranya, cuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir.

Ya, manfaat toner tidak akan bisa optimal jika tangan Anda dalam keadaan kotor. Sebab, kotoran pada tangan Anda akan menyatu dengan toner yang dioleskan ke wajah.

3. Gunakan Kapas untuk Mengaplikasikan Toner Wajah

Segala jenis toner wajah, baik itu toner untuk kulit kering, berminyak dan berjerawat sebaiknya diaplikasikan dengan menggunakan media kapas. Ya, tuangkan toner pada kapas bersih secukupnya. Ingat, jangan terlalu banyak menuangkan toner wajah pada kapas ya!

Lalu, usapkan kapas tersebut pada seluruh bagian wajah kecuali mata dan bibir. Anda bisa memberikan sedikit tekanan agar memberikan efek maksimal.

Sebagai tips, Anda juga bisa mengusapkan toner pada bagian leher. Ini penting dilakukan agar Anda mendapatkan manfaat toner hingga ke bagian leher.

4. Mengaplikasikan Toner dengan Telapak Tangan

Selain menggunakan media kapas, sebenarnya Anda juga bisa mengaplikasikan toner wajah langsung dengan menggunakan telapak tangan. Namun ketahuilah, cara ini kurang maksimal dalam mengangkat berbagai kotoran, minyak dan sisa make up pada wajah. Jadi, selagi ada kapas, sebaiknya Anda mengaplikasikan poin ketiga di atas.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan toner wajah dengan menggunakan telapak tangan? Mudah kok, baik itu jenis toner untuk kulit kering, berjerawat dan berminyak terlebih dahulu harus dituangkan ke telapak tangan, kemudian langsung menepuk-nepukkannya pada kulit wajah secara perlahan. Jangan lupa untuk meratakannya ya!

Oh ya, saat ini ada toner wajah yang didesain berbentuk semprotan. Jenis toner ini bisa diaplikasikan dengan cara menyemprotkannya pada wajah secara merata.

5. Lanjutkan dengan Mengaplikasikan Serum

Setelah menggunakan toner untuk kulit berjerawat dan berminyak, Anda bisa melanjutkannya dengan mengaplikasikan serum. Ya, Anda bisa kok mengaplikasikan serum meski kulit wajah masih dalam keadaan basah. Mengingat, serum memiliki karakter mudah diserap kulit karena mengandung konsentrasi zak aktif tinggi.

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan serum setelah menggunakan toner? Caranya, tuangkan serum ke telapak tangan Anda sedikit saja, yakni seukuran kacang polong. Kemudian, aplikasikan serum ke seluruh bagian wajah secara merata. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya ke bagian leher agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Gunakan Moisturizer

Agar manfaat toner semakin maksimal, Anda juga bisa mengaplikasikan moisturizer atau pelembab yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Ya, jenis skincare ini juga bisa kok diaplikasikan langsung pada kulit wajah meski masih dalam keadaan basah.

Seperti namanya, moisturizer atau pelembab bermanfaat untuk melembabkan wajah. Kulit wajah pun akan semakin halus jika Anda mengaplikasikan moisturizer secara rutin.

Adapun cara mengaplikasikannya, tuangkan moisturizer pada telapan tangan sedikit lebih banyak dari ‘takaran’ serum sebagaimana yang kami jelaskan di atas. Lalu, terlebih dahulu oleskan moisturizer pada bagian pipi secara merata. Lanjutkan mengoleskannya pada bagian atas menuju dahi dengan sedikit memberikan tekanan agar hasilnya maksimal.

Untuk diketahui, penggunaan moisturizer bisa diabaikan apabila pengaplikasian toner dan serum sudah memberikan efek lembab pada wajah. Ini mungkin terjadi jika Anda menggunakan toner untuk kulit berminyak. Adapun toner untuk kulit kering mungkin membutuhkan moisturizer untuk menambah efek lembab pada wajah.

7. Jangan Mengaplikasikan Obat Jerawat Saat Kulit basah

Lain halnya serum dan moisturizer, beberapa produk kulit seperti obat jerawat, retinoid topikal dan sunscreen sebaiknya tidak diaplikasikan pada saat kulit wajah dalam keadaan basah. Jadi, bagi Anda yang menggunakan toner untuk kulit berjerawat, tahan dulu untuk mengaplikasikan obat jerawat hingga kulit wajah betul-betul sudah dalam keadaan kering.

Ketahuilah, mengaplikasikan ketiga produk kulit di atas ketika kulit wajah dalam keadaan basah justru akan menimbulkan efek samping. Efek samping yang dimaksud antara lain perih, panas hingga iritasi. Pada ujungnya, manfaat toner dan jenis skincare lainnya tidak akan Anda dapatkan.

8. Aplikasikan Toner Wajah pada Pagi dan Malam

Setelah membaca cara tepat memakai toner untuk kulit berminyak dan berjerawat di atas, Anda mungkin bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk melakukan hal itu. Ketahuilah, pemakaian toner wajah pada pagi dan malam hari akan memberikan manfaat yang maksimal. Apa alasannya?

Pada pagi hari, pengaplikasian toner dapat mendepak minyak membandel yang menumpuk semalaman. Sementara itu, pada malam hari, pengaplikasian toner dapat membantu menyingkirkan kotoran, sisa make up dan minyak pada kulit wajah usai beraktivitas seharian.

Lebih lanjut, baik itu toner untuk kulit berjerawat dan berminyak maupun toner untuk kulit kering sebaiknya diaplikasikan setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Penting untuk diketahui, toner wajah bukanlah produk skincare yang bisa dijadikan pengganti sabun cuci muka. Jadi, tetap gunakan sabun cuci muka sesuai tipe kulit wajah Anda ya!

Seperti yang kami sebutkan di atas, di pasaran, ada banyak sekali produk toner wajah yang dapat Anda temukan. Menyikapi hal itu, Anda harus selektif dan menyesuaikannya dengan tipe kulit wajah.

Azarine adalah merek skincare terbaik dan ternama yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan berbagai jenis toner, baik itu toner untuk kulit berjerawat dan berminyak maupun toner untuk kulit kering. Yuk pakai skincare Azarine!



ARTICLES

Beauty Journals