4 Tips Aman Memilih Sunscreen Wajah untuk Ibu Hamil

Posted: 12 Feb 2021


4 Tips Aman Memilih Sunscreen Wajah untuk Ibu Hamil

Sunscreen memiliki peranan penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari tanpa terkecuali. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah boleh menggunakan sunscreen selama masa kehamilan? Agar tetap mendapatkan manfaat dari produk perawatan satu ini dan meminimalisir risiko penggunaannya, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan perihal penggunaan sunscreen wajah untuk ibu hamil.

Kendati demikian, kamu bisa mempersiapkan berbagai informasi yang diperlukan. Misalnya, cara memilih sunscreen yang aman untuk ibu hamil dan bagaimana proses pengaplikasiannya agar tidak berisiko pada kehamilan dan calon bayi.

Memilih Sunscreen Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dengan Tips Ini

Pernah menggunakan sunscreen wajah untuk ibu hamil? Atau mungkin setidaknya kamu pernah mendengar bahwa produk perawatan kulit satu ini memang ada dan diperuntukan bagi ibu hamil.

Guna memastikan bahwa produk tabir surya yang kamu pilih aman tanpa risiko apapun bagi ibu hamil, coba lakukan beberapa tips memilih sunscreen untuk ibu hamil di bawah ini:

Kenali Manfaat Sunscreen untuk Kulit

Perlindungan terhadap bahaya sinar ultraviolet dari matahari itu penting bagi wanita dan pria. Bahkan, ibu hamil juga harus mendapatkan perlindungan tersebut. Terlebih kulit mereka bisa menjadi lebih sensitif terhadap masalah kulit yang diperparah oleh paparan sinar matahari.

Selain sinar matahari, lampu dan layar LED pada barang-barang elektronik juga memiliki dampak buruk bagi kulit. Kini kamu tahu mengapa di dalam ruangan sekalipun kamu tetap harus mengaplikasikan sunscreen, bukan?

Penggunaan sunscreen yang tepat bisa menjadi investasi jangka panjang dalam menjaga kesehatan kulit. Jika sedang hamil dan ingin tetap memiliki kulit yang terlindungi sinar ultraviolet, gunakan sunscreen wajah untuk ibu hamil dengan kandungan yang aman.

Pilih Sunscreen dengan SPF 30 atau Lebih

SPF merupakan singkatan dari sun protector factor, yaitu suatu pengukuran berapa lama sinar ultraviolet B diperlukan untuk memberikan efek terbakar pada kulit. Nilai SPF yang tinggi memberikan perlindungan yang tinggi pula.

Jadi, apabila kamu ingin memilih sunscreen untuk ibu hamil, gunakan sunscreen untuk ibu hamil dengan SPF 30 atau lebih sesuai kebutuhan dan aktivitas. Dengan demikian, ibu hamil akan mendapatkan perlindungan yang optimal sehingga bisa meminimalisir risiko masalah kulit yang umum terjadi pada masa kehamilan.

Cari Tahu Kandungan Sunscreen untuk Ibu Hamil

Manfaat sunscreen tentu tidak bisa diabaikan bahkan selama masa kehamilan. Ini juga mungkin menjadi alasan kenapa banyak wanita yang mencari sunscreen wajah untuk ibu hamil. Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet tetapi juga melindungi kulit dari berbagai permasalahan kulit yang bisa muncul saat hamil.

Saat hamil, banyak wanita mengeluhkan kulitnya yang cenderung lebih sensitif. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada kulit seperti linea nigra, melasma, stretch mark, dan hiperpigmentasi. Jadi, meski sedang hamil, kamu tetap harus menggunakan sunscreen namun yang aman dan tidak menimbulkan efek berbahaya bagi kamu dan janin.

Beberapa kandungan sunscreen yang aman untuk bumil adalah zinc oxide dan titanium dioxide. Biasanya, kandungan tersebut bisa kamu temukan dalam sunscreen fisik. Agar lebih yakin, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter atau orang yang memang berpengalaman di bidang tersebut.

Hindari Sunscreen dalam Bentuk Semprot

Meski kini banyak produk sunscreen yang hadir dalam bentuk semprot (spray), sebaiknya ibu hamil menghindarinya. Mengapa demikian? Kandungan pada tabir surya mungkin aman bagi kulit tetapi apakah tidak akan menimbulkan efek samping jika terhirup?

Hal ini harus menjadi perhatian lain saat kamu mencari sunscreen wajah untuk ibu hamil. Sehingga bisa memastikan bahwa sunscreen benar-benar aman baik dari segi kandungan maupun proses pengaplikasiannya.



Related Products

ARTICLES

Beauty Journals